Penilaian Kesehatan Bank Dengan Metode Risk Profile Good Coorporate Governance Earning Capital (Studi Kasus Pada Pt. Bank Pembangunan Daerah Bali Tahun 2015)

  • Ni Nyoman Sudiyani Universitas Ngurah Rai
  • A.A Gede Alit Arjaya Putra Universitas Ngurah Rai
Keywords: Penilaian Tingkat Kesehatan Bank, Risk Profile, Good Corporate Governance, Earning, Capital

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kesehatan bank pada PT. Bank Pembangunan Daerah Bali ditinjau dari Risk, Profile, Good Coorporate Governance, Earning dan Capital. Data yang digunakan adalah laporan keuangan PT. Bank Pembangunan Daerah Bali tahun 2015. Metode pengumpulan data adalah observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Alat analisis yang digunakan berdasarkan SE BI No.13/24/DPNP tanggal 25 Oktober 2011 dan PBI No.13/1/PBI/2011 tanggal 5 Januari 2011 tentang Penilaian Tingkat kesehatan Bank Umum. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, tingkat kesehatan PT  Bank Pembangunan Daerah  Bali Tahun 2015 memperoleh hasil untuk profil risiko Non Performing Loan (NPL) sebesar 1.94% tergolong “sangat sehat”. Loan to Deposit Ratio (LDR) sebesar 98.11% tergolong “Cukup Sehat”. Penilaian hasil Self Assessment GCG (Good Corporate Governance) mendapat peringkat 2 tergolong “Baik”. Return of Asset (ROA) sebesar 3.33% tergolong “Sehat”. Net Interest Margin (NIM) sebesar 6.67% tergolong “Sehat”. Capital Adequacy Ratio (CAR) sebesar 24.44% tergolong “Sangat Sehat”. Nilai rasio RGEC menunjukkan predikat kesehatan bank sesuai dengan standar yang telah ditetapkan oleh Bank Indonesia dengan kesimpulan peringkat komposit 2, yang mencerminkan kondisi bank yang secara umum yaitu sehat.

Published
2017-09-30
Abstract viewed = 158 times
Penilaian Kesehatan Bank Dengan Metode Risk Profile Good Coorporate Governance Earning Capital (Studi Kasus Pada PT. Bank Pembangunan Daerah Bali Tahun 2015) downloaded = 125 times