Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada PT. Pos Indonesia Cabang Gianyar

  • Pande Made Deby Lestari Yanti Universitas Ngurah Rai
  • Desak Gde Sayang Adnyani Universitas Ngurah Rai
Keywords: Kualitas Pelayanan, Kepuasan Konsumen

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah : untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen. Penelitian ini dilakukan Pada PT. Pos Indonesia Cabang Gianyar.Jenis data yang digunakan adalah data kuantitatif dan data kualitatif sedangkan sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder.Sampel yang digunakan adalah sebanyak 67 orang responden, metode pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan studi dokumentasi.  Teknik analisis data, dianalisis dengan regresi linier sederhana dengan bantuan program komputer SPSS version 22.0 for windows.

Berdasrkan hasil analisis regresi linier sederhana diperoleh persamaan yaitu Y= 0,379+ 0,290X. Hal ini berarti bahwa meningkatnya kepuasan konsumen dipengaruhi oleh kualitas pelayanan. Hasil analisis t-test diperoleh t-hitung adalah sebesar 16,860 lebih besar dari t-tabel 1,6, maka Ho ditolak dan Ha diterima, hal ini berarti bahwa kualitas pelayanan mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen.

Published
2017-09-30
Abstract viewed = 13 times
downloaded = 17 times