Pengaruh Harga, Kualitas Produk Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Paket Data Internet Telkomsel (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Ngurah Rai, Denpasar)

  • Cahyo Budi Laksono Universitas Ngurah Rai
  • Nyoman Suartha Universitas Ngurah Rai
Keywords: Harga, Kualitas Produk, Promosi, Keputusan Pembelian

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai bagiamana pengaruh harga, kualitas produk dan promosi secara parsial maupun simultan terhadap keputusan pembelian paket data internet telkomsel pada  konsumen pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Ngurah Rai Denpasar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui  pengaruh harga, kualitas produk dan promosi paket data internet telkomsel  terhadap keputusan pembelian konsumen secara parsial dan simultan serta untuk mengetahui variabel harga, kualitas produk dan promosi yang memiliki pengaruh paling dominan terhadap keputusan pembelian. Tipe penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah explanatory research dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah pengguna paket data internet telkomsel pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Ngurah Rai Denpasar dengan jumlah sampel sebanyak 80 responden.

Analisis yang digunakan adalah uji validitas, uji realibilitas dan analisis regresi linier berganda. Hasil uji validitas dan Realibilitas semua valid dan reabel. Hasil uji t terhadap variabel harga (X1) sebesar 4.540 lebih besar dari t-tabel maka X1 memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian paket data telkomsel, hasil uji t terhadap variabel kualitas produk (X2) secara parsial sebesar 2.316 lebih besar dari t-tabel maka X2 memiliki pengaruh positif tapi tidak signifikan terhadap keputusan pembelian paket data internet telkomsel di Fakultas Ekonomi Universitas Ngurah Rai Denpasar, dan hasil uji t secara parsial terhadap variabel promosi (X3) sebesar 4.876 lebih besar dari t-tabel maka X3 memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian paket data telkomsel. sedangkan Hasil uji F terhadap ketiga variabel penelitian yaitu harga (X1), kualitas produk (X2) dan promosi (X3) sebesar 19.346 lebih besar dari f-tabel menunjukkan bahwa ketiga variabel tersebut secara bersama-sama (simultan) mempunyai pengaruh terhadap keputusan pembelian sepeda paket data internet telkomsel.

Adapun saran dari penelitian ini yaitu perlu ditingkatkanya teknik promosi sehingga konsumen bisa  mengenal lebih luas mengenai produk paket data internet telkomsel serta. Upaya komunikasi intensif agar lebih ditingkatkan untuk mendekati mitra usaha agar produk-produk paket data internet telkomsel lebih dikenal oleh masyarakat

Published
2017-03-30
Abstract viewed = 178 times
downloaded = 152 times