Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Lingkungan Fisik Terhadap Kepuasan Pasien Pada Yayasan Peduli Kemanusiaan (YPK) Bali di Denpasar

  • Ida Ayu Arini Universitas Ngurah Rai
  • Ni Kadek Ayu Trisna Dewi Universitas Ngurah Rai
Keywords: Kualitas Pelayanan, Lingkungan Fisik, Kepuasan Konsumen

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas pelayanan dan lingkungan fisik berpengaruh positif dan signifikan secara parsial maupun simultan terhadap kepuasan pasien pada YPK Bali. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Jumlah sampel yang digunakan adalah sebanyak 52 orang responden. Responden dalam penelitian ini adalah pendamping dari pasien yang menerima pelayanan pada YPK Bali. Data dianalisis dengan menggunakan uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, analisis determinasi, analisis statistik uji t (t-test) dan analisis statistik uji F (F-test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan dan  lingkungan fisik  berpengaruh positif  dan  signifikan secara parsial maupun simultan terhadap kepuasan pasien pada YPK Bali.

Published
2019-03-30
Abstract viewed = 72 times
downloaded = 26 times