Pengaruh Kompensasi Finansial Dan Kompensasi Non Finansial Terhadap Semangat Kerja Karyawan PT. BPR Mitra Bali Srisedana Mandiri Di Ubud

  • I Made Wita Universitas Ngurah Rai
  • I Made Kartika Universitas Ngurah Rai
Keywords: Kompensasi Finansial, Kompoensasi Non Finansial, Semangat Kerja

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kompensasi finansial dan kompensasi non finansial terhadap semangat kerja  karyawan pada BPR Mitra Bali Srisedana Mandiri di Ubud. Penelitian ini dilakukan pada BPR Mitra Bali Srisedana Ubud. Jenis data yang digunakan adalah  data kuantitatif dan data kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Dalam penelitian ini adalah penelitian sensus, dengan jumlah responden sebanyak 130 karyawan. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah koefisien regresi linier berganda, koefisien determinasi, analisis statistic uji T dan analisis statistic uji F dengan bantuan komputer program SPSS version 23 for windows. Hasil penelitian menunjukan bahwa Kompensasi finansial dan kompensasi nonfinansial berpengaruh positif dan signifikan secara parsial dan simultan maupun secara parsial.

Berdasarkan hasil analisis linier berganda, diperoleh bahwa Y=2,830+0,551X1+0,21X2. Koefisien determinasi D=63,6%, hal ini berarti bahwa besarnya kontribusi/sumbangan kompensasi finansial dan kompensasi non finansial adalah sebesar 63,6% sedangkan sisanya sebesar 36,4% dipergunakan oleh faktor lain yang dalam penelitian ini tidak dibahas.

Berdasarkan analisis uji T diperoleh bahwa nilai T1 hitung sama dengan 14,247 dan nilai T2 hitung sama dengan 2,566 > T tabel = 1,6 maka Ho ditolak da Ha diterima artinya kompensasi finansial dan kompensasi non finansial secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap semangat kerja karyawan pada PT. BPR Bali Srisedana Mandiri Ubud. Berdasarkan analisis uji F diperoleh bahwa F hitung = 110,756 lebih besar F tael = 3,10 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini berarti bahwa kompensasi finansial dan kompensasi non finansial secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap semangat kerja BPR Bali Srisedana Mandiri Ubud.

Published
2018-09-30
Abstract viewed = 66 times
downloaded = 35 times