STRATEGI KOMUNIKASI DALAM MENINGKATKAN KINERJA SOPIR POOL DI BIRO UMUM DAN PROTOKOL SETDA PROVINSI BALI

  • I Gusti Putu Widiarianto Biro Umum dan Protokol Setda Prov. Bali
Keywords: Strategi, Komunikasi, Kinerja

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian pendekatan deskriptif kualitatif untuk meneliti strategi  komunikasi dalam meningkatkan kinerja sopir pool di Biro Umum dan Protokol Setda Provinsi Bali. Fokus penelitian ini menjelaskan sejauh mana strategi komunikasi yang dilakukan dalam rangka meningkatkan kinerja sopir pool Biro Umum dan Protokol Setda Provinsi Bali, serta upaya apa yang dilakukan untuk menyelesaikan kendala–kendala yang ada. Dalam penelitian ini difokuskan pada pengukuran kinerja yang dilihat dari lima faktor keberhasilan pencapaian prestasi yaitu fisiologis, keselamatan/keamanan, rasa memiliki, penghargaan dan aktualisasi diri. Tujuan dari penelitian ini adalah memberi suatu kesimpulan tentang strategi  komunikasi dalam meningkatkan kinerja sopir pool di Biro Umum dan  komunikasi serta kendala yang dihadapi strategi komunikasi dalam meningkatkan kinerja sopir pool di Biro Umum dan Protokol Setda Provinsi Bali. Data yang dianalisis adalah hasil wawancara dengan Kepala Biro Umum dan Protokol Setda Provinsi Bali, Kepala Bagian Rumah Tangga, Kepala Sub Bagian Urusan Dalam, Staf koordinator, sopir pool Biro Umum dan Protokol Setda Provinsi Bali serta pemakai jasa transportasi dari OPD lain, serta telaah dokumen di Biro Umum dan Protokol Serda Provinsi Bali.Hasil penelitian menunjukkan strategi komunikasi dalam meningkatkan kinerja sopir pool di Biro Umum dan Protokol Setda Provinsi Bali sangat penting dilihat dari komunikasi yang dilakukan sehingga dapat meningkatkan kinerja  sopir pool di Biro Umum dan Protokol Setda Provinsi Bali. 

References

1. BUKU

AS,ad Moh. 1991. Psilogi Industri, Seri Ilmu Sumber Daya manusia. Jogjakarta : Liberly

Gibson, dkk. 1996. Organisasi, perilaku, Struktur, Proses, Jilid I alih bahasa Nunuk Adiarni. Jakarta : bina Rupa Aksara.

Soekamto, Soerjono. 2002. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakrta raja Grafindo Jakarta

Sedarmayanti, 2018. Komunikasi Pemerintahan. PT. Refika Aditama

Arni Muhammad, 2000. Bumi Maksara

Moh Nazir, 2011. Metode Penelitian. Cetakan 6. Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia.

Sugiyono, 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Kuantitatif dan R&D. Bandung Alfabeta.

Sugiyono. 2010. Statistik untuk Pendidikan, Bandung:Alfabeta.

Siagian, P. Sondang, 2005. Fungsi-Fungsi Manajerial. Jakarta : Bumi Aksara.

Bungin, B.M.,2010, Penelitian Kualitatif. PT. Kencana, Jakarta

Moleong, Lexi J. 2009, Metode penelitian Kualitatif. Bandung : PT. remaja Rosdakarya.

Miles, mattew B dan Amichael Huberman. 2007. Analisis Data Kualitatif Buku Sumber tentang Metode-Metode Baru. Terjemahan Tjetjep Rohendi Rohisi. Jakarta: Iniversitas Indonesia.

Sutopo, 2008. Metodelogi penelitian Kualitatif : dasar Teori dan Terapannya dalam Penelitian. Surakarta : Unipersitas sebelas Maret.

Zalabak, P. S. 2006. “Organization Communication” (Seventh Edition). USA, Persen Education

Widodo,Joko.2001. Good Governance: Telaah dari Dimensi: Akuntabilitas dan Kontrol Borokrasi pada Era Desentralisasi dan Otonomi Daerah. Insan Cedekia. Surabaya

Wibowo. 2007. Manajemen Kinerja. Jakarta: Pt. Raja Grafindo Persada.

Usman Husaini, 2008, manajemen, Teori, Praktek, dan Riset pendidikan, Edisi 4, Bumi Aksara, Yogyakarta

Sunyoto, D. Dan Barhanudin. 2011. Perilaku organisasi, Cetakan 1, CAPS, Yogyakarta

Widjaja, H.A.W, 2000. Ilmu komunikasi Pengantar Studi. Rineka Cipta. Jakarta

Tohardi, Ahmad.2009. Pemahaman Praktis Manajemen Sumberdaya Manusia, Bandung. Penerbit mandar Maju.

Thaha Miftah, 1993, Perilaku Organisasi Konsep dasar dan Aplikasinya, Raja Grafindo persada. Jakarta

Mangkunegara Anwar Prabu. 2009. Evaluasi Kinerja Sunber Daya Perusahaan, penerbit Refika Aditama, Bandung.

..............................................,2000. Evaluasi Kinerja SDM. Bandung: PT Refika Aditama.

...............................................,2011, Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan, Remaja Rosdakarya, Bandung

Azwar, Saifuddin. 2005. Metode Penelitian. Pustaka Pelajar. Yogyakarta.

Darmanegara I.B.A, 1013, Effect of Spiritual Intelligence and Asta Brata Leadershipto The Culture Of Tri Hita Karana and Employment Performance, IOSR Journal of Business and Management (IOSR-JBM) e-ISSN : 1178-487X, Volume 11, Issue 2 (may-Jun, 2013), PP05-12

Marhajan, Sarita. 2012. Association between Work Motivation and Job Satisfaktion of College Teacher Administrative and management Review Vol. 24, No 2, PP. 45-55

Gibson, JL., Ivancevich, J.M. & Donnelly, J.H.,1007. Organizatians behavior, strukture, processes 14th ed., New York, NY : The McGraw-Hill Companies.

2. JURNAL

Ruspawan, Sri Widnyani, 2019. Pengaruh Pengawasan, Motivasi dan Disiplin terhadap Kinerja Pegawai negeri Sipil pada Dinas Komunikasi dan Informatika kabupaten Klungkung

3. INTERNET

https://drive.google.com/file/d/oB8ZDDJQ-CXu1UUEZVFFwcOVXams/view diakses tanggal 21 April 2020.

https://drive.google.com/file/d/oBYGTVhF1sOpwZORQSmM3bFF1dm8/view diakses tanggal 21 April 2020.

https://drive.google.com/file/d/oBYGtVhF1sOpweGtaX3RxNDhSVXM/view diakses tanggal 21 April 2020.

https://drive.google.com/file/d/oBYGtVhF1sopwVnVpTnBKRDBITJA/view diakses tanggal 21 April 2020.
https://drive.google.com/file/d/oBYGtvhF1sopwRXIcbFbIMORNC68/view
diakses tanggal 21 April 2020.

https://drive.google.com/file/d/oByGTVhF1sOpwbmRoBXpiyJRUSIE/view diakses tanggal 21 April 2020.

https://drive.google.com/file/d/oBYGtVhF15SGPXOUdnNEE/view
diakses tanggal 21 April 2020.

https://drive.google.com/file/d/oBYGtVhF1sopwOVWJGeTJCSndnNEU/view diakses tanggal 22 April 2020.

https://drive.google.com/file/d/oBYGtVhF1sOpwT3OXanpfRnVrbOU/view diakses tanggal 21 April 2020.

https://drive.google.com/file/d/oBYGtVhF1sOpwUGNOeGLVaZpDNZA/view diakses tanggal 21 April 2020.

Scholer.google.co.id/scholer?q=teori+kinerja+Gibson&hl=id&as_sdt=0&as_vis=1&01=scholar diakses tanggal 29 Juni 2020

https://www.linovhr.com.motivasi diakses tanggal 8 Juli 2020

https://www.brilio.net>serius diakses tanggal 9 Juli 2020
Published
2021-12-20
Section
Articles
Abstract viewed = 162 times
STRATEGI KOMUNIKASI DALAM MENINGKATKAN KINERJA SOPIR POOL DI BIRO UMUM DAN PROTOKOL SETDA PROVINSI BALI downloaded = 110 times