OPTIMALISASI WEBSITE PEMERINTAH DAERAH BERBASIS COLLABORATIVE GOVERNANCE ( STUDI PADA DINAS KOTA MALANG )

  • Ida Ayu Githa Girindra Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya
  • Ida Ayu Putu Sri Widnyani Universitas Ngurah Rai
  • Nyoman Diah Utari Dewi Universitas Ngurah Rai
Keywords: Kemajuan Teknologi, Electronic Governance, Pelayanan Publik, Dinas Perdagangan Kota Malang

Abstract

Kemajuan teknologi adalah sesuatu yang tidak bisa dihindari dalam kehidupan kita saat ini. Negara dikatakan maju jika negara mampu menguasai perkembangan teknologi serta perubahan sistem pemerintahan. Salah satu perubahan tata kelola adalah dengan adanya Electronic Governance yang semakin berperan dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik dan membantu penyampaian informasi secara efektif dan efisien kepada masyarakat. Konsep E-Governance telah diterapkan di Indonesia yaitu penggunaan website pemerintah, baik pemerintah daerah maupun pemerintah pusat. Sayangnya dalam pelaksanaannya belum maksimal. Website-website pemerintah yang saat ini berkembang masih belum memenuhi tugas pokoknya sebagai penyedia informasi, transparansi, akuntabilitas atau bahkan pelayanan yang baik bagi masyarakat, terutama yang berkepentingan dan ingin mengetahui lebih jauh tentang website Dinas Perdagangan Kota Malang. Jika diukur dari tahap pengembangan E-Governance, proses Dinas Perdagangan Kota Malang masih dalam tahap Emerging yang artinya website masih memberikan informasi yang sangat mendasar, terbatas, dan statis. Berdasarkan penjelasan di atas, peneliti mencoba memberikan rekomendasi Model Collaborative governance yang diharapkan dapat membantu website lebih optimal.

References

Afful-Koomson, T., dan Kwabena O. A. 2013. Collaborative Governance in Extractive Industries in Africa. Africa: Pixedit Limited.

Afful-Koomson, Angguna,Yordan Putra, A. Yuli Andi Ganidan Sarwono. 2014. Upaya
Pengembangan E-governance Dalam Pelayanan Publik Pada Dinas Koperasi Dan UKM Kota Malang. Malang : Universitas Brawijaya.

Ansell, C. dan Alison G. 2007. Collaborative Governance In Theory And Practice. Journal Of. Public Administration Research And Theory. University of California: Berkeley.

Donahue, J., Richard Z. 2011. Collaborative Governance (Private Roles For Public Goals in Turbulent Times). Princeton University Press: Princeton and Oxford.

Elysa,Vita, dkk. 2017 Implementasi e-Government untuk Mendorong pelayanan Publik yang Berinteraksi di Indonesia. Jurnal UTFMIPA.

Masyhur, Firdaus. 2017. Penelitian E-Governance di Indonesia:Studi Literatur

Sistematis dari Perspektif Dimensi Pemeringkatan E-GovernanceIndonesia(PeGI). Makassar :Balai Besar Pengkajian dan Pengembangan Komunikasi dan Informatika.

Ngafifi, Muhammad. 2014. Kemajuan Teknologi dan Pola Hidup Manusia dalam Prespektif Social Budaya. Jurnal Pembangunan Pendidikan : Fondasi dan aplikasi. 2 (1), 34.

Rahmawati, Triana, Irwan Noor dan Ike Wanusmawatie. 2014. Sinergitas Stakeholders Dalam Inovasi Daerah (Studipada Program Seminggu di Kota Probolinggo (SEMIPRO)). Malang :Universitas Brawijaya.

Retnowati, Nurcahyani Dewi dan Daru Retnowati. 2008. Peranan E-governance Dalam Rangka Mewujudkan Good Governance Bagi Masyarakat. Yogyakarta:Universitas Pembangunan Nasional Veteran.

Setiawan, Parta. 2018. Pengertian Dan Strategi Analisis SWOT menurut Para Ahli.Diakses melaluihttps://www.gurupendidikan.co.id/pengertian-danstrategi-analisis-swot-menurut-para-ahli/ [09/10/2020].

Soemantri, Oman dan Indra, D.H. 2017. Implementasi e-Government pada Kelurahan Pesurungan Lor Kota Tegal Berbasis Service Oriented Architecture (SOA). Jurnal Infrmatika Pengembangan IT. 2 (1), 23-24.

Sucika, Wulan. 2016. Optimalisasi Penerapan E-Government melalui Media Sosial dalam Mewujudkan Good Governance. Jurnal Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Politik. Universitas Lampung. Hal 374-375.

Weihrich, H. 2014. Matriks TOWS-Alat untuk Analisis Situasional. Perencanaan Jangka Panjang, 15 (2), 54-66.

Rangkuti, Freddy. 2009. Analisis SWOT: Tekinik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Rangkuti, Freddy. 2013. Teknik Membedah Kasus Bisnis Analisis SWOT Cara Perhitungan Bobot, Rating, dan OCAI. Jakarta. PT. Gramedia Pustaka Utama
Published
2021-06-16
Section
Articles
Abstract viewed = 785 times
OPTIMALISASI WEBSITE PEMERINTAH DAERAH BERBASIS COLLABORATIVE GOVERNANCE ( STUDI PADA DINAS KOTA MALANG ) downloaded = 499 times