PENGARUH MOTIVASI DAN PROFESIONALISME KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI DI DINAS PENDIDIKAN KEPEMUDAAN DAN OLAH RAGA KABUPATEN BADUNG

  • Ni Luh Astuti Program Studi Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora Universitas Ngurah Rai Denpasar
  • I Wayan Astawa Program Studi Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora Universitas Ngurah Rai Denpasar
Keywords: Motivasi, Profesionalisme Kerja, Kinerja Pegawai

Abstract

Kinerja adalah segala hasil capaian dari segala bentuk tindakan dan kebijakan dalam rangkaian usaha kerja pada jangka waktu tertentu guna mencapai suatu tujuan.Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh motivasi dan profesionalisme kerja terhadap kinerja pegawai di Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olah Raga Kabupaten Badung. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskrptif kualitatif. Teori yang digunakan adalah Teori Motivasi menurut Chung dan Megginson dalam Gomes (2015: 180), Teori Profesionalisme menurut Thoha (2015:75) dan Teori Kinerja Pegawai menurut Wilson Bangun (2015:233-234). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Ada pengaruh motivasi terhadap kinerja pegawai di Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olah Raga Kabupaten Badung. Semakin tinggi motivasi yang dimiliki pegawai maka akan semakin tinggi kinerja pegawai. (2) Ada pengaruh profesionalisme kerja terhadap kinerja pegawai di Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olah Raga Kabupaten Badung. Semakin tinggi profesionalisme kerja yang dimiliki pegawai maka akan semakin tinggi kinerja pegawai. Semakin profesional seorang pegawai dalam bekerja menyelesaikan tugas maka akan meningkatkan kinerja pegawai. (3) Ada pengaruh motivasi dan profesionalisme kerja terhadap kinerja pegawai di Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olah Raga Kabupaten Badung. Semakin tinggi motivasi dan semakin profesional seorang pegawai dalam bekerja maka akan semakin tinggi kinerja pegawai

References

Andi Supangat. 2017. Statistika Dalam Kajian Deskriptif, Inferensi, dan Nonparametrik. Jakarta: Kencana.

Arikunto, S. 2015. Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Bina Aksara

Bangun, Wilson. 2015. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Erlangga

Flippo, Edwin B. 2015. Personel Management (Manajemen Personalia). Jakarta : Erlangga.

Gomes, Faustino Cordoso. 2015. Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Andi.

Ghozali, Imam. 2018. Aplikasi Analisis Multivariate dengan program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponogoro.

Hikmah, Hurriah Jannatul. 2019. Pengaruh Motivasi Kerja dan Kepuasan Kerja terhadap Kinerja Pegawai di Kantor Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin. Thesis. Banjarmasin: UI Kalimantan.

Martono, Nanang. 2015. Metodologi penelitian Kuantitatif-Analisis Isi dan Analisis Data Sekunder. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Republik Indonesia. 1999. Undang-Undang Nomor 43 Tahun 1999 Tentang Perubahan atas Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1974 Tentang Pokok-pokok Kepegawaian. Jakarta.

Ridwan. 2015. Dasar-Dasar Statistika. Bandung :Alfabeta.

Rupawan, I Nyoman dan Ida Ayu Putu Sri Widnyani. 2019. Pengaruh Pengawasan, Motivasi dan Disiplin terhadap Kinerja Pegawai Negeri Sipil pada Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Klungkung. Jurnal. Denpasar: Universitas Ngurah Rai

Sedarmayanti. 2016. Good Government (Pemerintahan yang baik). Bandung: CV. Mandar Maju.

Sugiyono. 2018. Statistik untuk Penelitian. Bandung : CV. Alfabeta.

Swatiningsih, Sri. 2016. Metode Penelitian Administrasi. Denpasar.

Thoha, Miftah. 2015. Perilaku Organisasi: Konsep dan Aplikasinya. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Toha, Muhammad. 2017. Analisis Pengaruh Profesionalisme, Kedisplinan, Motivasi Kerja, Budaya Kerja dan Komunikasi terhadap Kinerja Pegawai Otoritas Jasa Keuangan. Skripsi.Salatiga:Institut Agama Islam Negeri (IAIN).

Unggullaga, Ibrahim. 2017. Pengaruh Profesionalisme Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT BPD Jatim. Jurnal Ilmu Manajemen. Universitas Negeri Surabaya.

Wijaya, Agus. 2017. Pengaruh Motivasi dan Lingkungan Kerja terhadap Kinerja Karyawan pada Rumah Sakit Umum Daerah Lamaddukkelleng Kabupaten Wajo. Skripsi. Makassar: Universitas Islam Negeri Alauddin.

Zainal, Veithzal Rivai, dkk. 2014. Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan. Jakarta: Rajawali Press.
Published
2022-03-31
How to Cite
Astuti, N., & Astawa, I. W. (2022). PENGARUH MOTIVASI DAN PROFESIONALISME KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI DI DINAS PENDIDIKAN KEPEMUDAAN DAN OLAH RAGA KABUPATEN BADUNG. Widyanata, 19(1), 44-57. https://doi.org/10.54836/widyanata.v19i1.997
Section
Articles
Abstract viewed = 294 times
pdf downloaded = 142 times