TIPE KEPEMIMPINAN DALAM MENINGKATKAN KINERJA PEGAWAI PADA INSTANSI DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN TABANAN

  • I Gst Ngr Ag Bgs Widiana STISIP Margarana Tabanan
  • I Nyoman Alit Badrika STISIP Margarana Tabanan
Keywords: Tipe Kepemimpinan, Kinerja Pegawai

Abstract

Penelitian dilakukan berdasarkan temuan awal bahwa terdapat kendala yang dihadapi dalam meningkatkan kinerja pegawai yang maksimal pada Instansi Dinas Pendidikan Kabupaten Tabanan, antara lain prasarana dan sarana kerja yang kurang memadai, kesejahteraan pegawai yang masih rendah, adanya kesenjangan antara penghasilan PNS dan pegawai kontrak, masih rendahnya tingkat absensi yang ada pada Dinas Pendidikan Kabupaten Tabanan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses meningkatkan kinerja pegawai melalui tipe kepemimpinan di Dinas Pendidikan Kabupaten Tabanan dengan menganalisis tipe kepemimpinan otokratis, kharismatik, dan tipe kepemimpinan demokratis.

          Hasil analisis yaitu (1) Peningkatan kinerja pegawai pada Dinas Pendidikan Kabupaten Tabanan, menurut persepsi 16 orang responden sebesar 956 : 1.152 x 100% = 82,99% dari yang diharapkan. (2) Tipe Kepemimpinan Otokratis pada Dinas Pendidikan Kabupaten Tabanan = 315 : 384 x 100% = 82.01% dari yang diharapkan, kemudian tipe kepemimpinan kharismatik = 320 : 384 x 100% = 83,33% dari yang diharakan.SedangkanTipe Kepemimpinan yang paling unggul yaitu demokratis dengan perhitungan = 321 : 384 x 100% = 83,59% dari yang diharapkan. Berdasarkan penelitian diatas maka dapat diambil kesimpulan bahwa melalui tipe kepemimpinan agar bias meningkatkan pegawai pada Instansi Dinas Pendidikan Kabupaten Tabanan dapatdikatakan cukup meningkatkan, dan tipe kepemimpinan yang paling meningkatkan kinerja pegawai adalah tipe kepemimpinan Demokratis.

References

1. Alex S. Nitisemito, 1987. MetodePenelitianJakarta :Ghalia Indonesia.
2. Effendi, Sofian (1982), PelayananPublik, PemerataandanAdministrasi NegaraBaru, dalamPrismaNomor 12, Desember Jakarta LP3 ES.
3. Arikunto, 1998, ProsedurPenelitian, Edisikedua, PenerbitRinekaCipta, Jakarta.
4. Gary Yulk (dalamUdaya), 1998. PrilakuKepemimpinan. Jakarta :PenerbitGramedia.
5. George R. Terry, 1985. Principle Of Management, Jakarta :Ghalia Indonesia.
6. George. Terry, 1985 danLesslieW.Pue, 1992. Type-Type Kepemimpinan. Jakarta :PenerbitGramedia.
7. Gorda I GustiNgurah, 2004. ManajemenSumberDayaManusia, Singaraja :Penerbit STIE Satya Dharma Singaraja Bali.
8. GunawanJiwanto, 1985. KomunikasiDalamOrganisasi, Jogjakarta :Penerbit FISIPOL UGM.
9. KartiniKartono, 1980. PengantarMetodelogi Research Sosial, Bandung :Penerbit Alumni.
10. Karyadi, 1989. Kepemimpinan, Bogor, Pelita.
11. Koentjaranningrat, 1983. MetodePenelitianMasyarakat, Jakarta :PenerbitGramedia.
12. MasriSingarimbundanSofyanEfendi, 1982. MetodePenelitianSurvei. Jakarta :Penerbit LP3ES.
13. M. Manullang, 1981. Dasar – DasarManajemen, Jakarta :Ghalia Indonesia.
14. MoeljartoTjokrowinoto, 1981. MetodePenelitian. Yogyakarta : Penerbit UGM
15. Moh. Nazir, 2003. MetodePenelitian, Jakarta ;Ghalia Indonesia.
16. Netra Ida Bagus, 1972. MetodelogiPenelitian, Singaraja : Biro Penelitian UNUD.
17. J. Supranoto, 1976. Metode Research danAplikasinya di dalam Research, Jakarta :PenerbitLembagaFakultas UI.
18. OnongUchjana Effendi, 1977. KepemimpinandanKomunikasi, Bandung Alumni.
19. S.P. Siagian, 1982. OrganisasiKepemimpinandanPrilakuAdministratif, Jakarta :GunungAgung.
20. SoewarnoHandayaningrat, 1981. KepemimpinandanKomunikasi, Jakarta :GunungAgung.
21. Sutopo, 1999. AdministrasiManajemendanOrganisasi. LembagaAdministrasi Negara RI. Jakarta.
Published
2022-03-31
How to Cite
Widiana, I. G. N., & Badrika, I. N. (2022). TIPE KEPEMIMPINAN DALAM MENINGKATKAN KINERJA PEGAWAI PADA INSTANSI DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN TABANAN. Widyanata, 19(1), 24-36. https://doi.org/10.54836/widyanata.v19i1.995
Section
Articles
Abstract viewed = 57 times
pdf downloaded = 30 times