ANALISIS KUALITAS PELAYANAN PADA SEKOLAH DASAR IMPRES DONGIN, KABUPATEN BANGGAI, SULAWESI TENGAH

  • Gusti Ayu Oktaviani Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar

Abstract

Kualitas pelayanan di SD IMPRES Dongin, Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah, dipengaruhi oleh jumlah dan kualitas tenaga kerja, motivasi pimpinan, kesejahteraan pegawai, serta lingkungan kerja. Permasalahan yang muncul meliputi penyampaian informasi yang belum akurat dan sikap pegawai yang kurang sopan terhadap orang tua maupun siswa. Penelitian ini menggunakan teori Parasuraman et al. (1998) dengan lima dimensi: keandalan, daya tanggap, jaminan, empati, dan berwujud. Metode penelitian bersifat kualitatif. Hasil analisis menunjukkan pelayanan guru dan pegawai sudah cukup baik, ditunjukkan dengan ketepatan waktu kerja, kejelasan informasi, sikap konsisten, pemahaman terhadap kebutuhan siswa, serta sarana prasarana yang mendukung. Namun, terdapat empat kendala yang memengaruhi kualitas pelayanan, yaitu: (a) informasi masih bersifat formal, (b) orang tua kurang memahami media sosial, (c) keterlambatan guru dan pegawai, serta (d) penggunaan waktu kerja untuk kepentingan pribadi. Kesimpulannya, pelayanan di SD IMPRES Dongin sudah tergolong baik, namun masih perlu peningkatan agar lebih optimal.

Published
2025-09-30
How to Cite
Oktaviani, G. (2025). ANALISIS KUALITAS PELAYANAN PADA SEKOLAH DASAR IMPRES DONGIN, KABUPATEN BANGGAI, SULAWESI TENGAH. Widyanata, 22(2), 56-64. Retrieved from https://www.ojs.unr.ac.id/index.php/widyanata/article/view/1630
Section
Articles
Abstract viewed = 10 times
PDF downloaded = 1 times