IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PEMBERDAYAAN DAN PEMBINAAN USAHA KECIL, MENENGAH PADA DINAS KOPERASI USAHA MIKRO, KECIL DAN MENENGAH PROVINSI BALI

  • Gusti Ayu Oktaviani Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar
Keywords: Usaha Kecil Menengah, Implementasi Kebijakan Pemberdayaan

Abstract

Dinas Koperasi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UKM)  Provinsi Bali dalam Pemberdayaan dan Pembinaan Usaha Kecil  dan Menengah di Provinsi Bali, sesuai dengan yang  tertuang dalam RENSTRA, diharapkan dapat mendorong terwujudnya UKM sebagai kekuatan perekonomian dan dapat meningkatkan kesejahteraan masayarakat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menggambarkan pelaksanaan pemberdayaan UKM serta faktor pendukung dan faktor penghambatnya. Fokus permasalahan penelitian ini adalah (1) pelaksanaan pemberdayaan dan pembinaan  UKM  (2) faktor pendukung dan faktor penghambat. Pemberdayaan dan pembinaan  UKM dilakukan dalam upaya menentukan  kebijakan yang paling  tepat yang didasarkan pada kondisi di daerahnya. Kondisi tersebut di atas melatarbelakangi penelitian ini dalam rangka mengetahui (1) bagaimanakah implementasi kebijakan dalam pemberdayaan dan pembinaan Usaha Kecil Menengah (UKM) di Provinsi Bali; (2) faktor-faktor yang mempengaruhi implementasi kebijakan dalam pemberdayaan dan pembinaan  Usaha Kecil Menengah (UKM) di Provinsi Bali dan bagaimana solusinya; dan (3) bagaimanakah upaya untuk meningkatkan keberhasilan pemberdayaan dan pembinaan Usaha Kecil Menengah di Provinsi Bali.

Kata Kunci: Usaha Kecil Menengah,  Implementasi Kebijakan Pemberdayaan.

References

A Buku – buku
Anderson, James E, 2005. Public Policy Making-An Introduction. (second edition). Texas A & M University.
Anonim (2015). Perjanjian Kerjasama Pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Provinsi Bali dengan PT. Hardys Retailindo Denpasar Bali.
Departemen KUMKM. 2005. Rencana Strategis Pembangunan KUKM. Jakarta: Departemen KUMKM RI.
Edwards III, George C. 1980. Implementing Public Policy. Washinton: Cogressional Quaerterly Inc.
Kementerian UMKM dan Koperasi (2014) , Rencana Kerja Pemerintah Bidang Pemberdayaan UMKM dan Koperasi.
Nakamura, Robert. T dan Frank Smallwood. 1980. The Politics of Policy Implementation. New York : St Martin Press.
Sulistiyani, A.T. 2004. Kemitraan dan Model-Model Pemberdayaan. Jogjakarta: Gava Media.
Van Meter, Donald, dan Horn, Carl Van. 1999. The Policy Implementation Process: A Conceptual Frameworkdalam Administration andSociety. London: Sage.
B Jurnal / Hasil Penelitian Terdahulu.

Abdul Wahab, Solichin. 2011. Analisis Kebijaksanaan, Dari Formulasi Ke Implementasi Kebijaksanaan Negara. Jakarta: Bumi Aksara.
Afifah, Rifda Zahra dan Achma Hendra Setiawan. 2012. ”Analisis Kebijakan Pembinaan bagi Kelompok Pelaku Usaha Mikro oleh Dinas Koperasi dan UMKM Kota Semarang” Diponegoro Journal Of Economics. Vol. 1, No. 1, hlm. 1-15.
Indah, Yuliana Putri. 2010. ” Analisis Usaha Mikro Monel yang Memperoleh Kredit dari Dinas UMKM Kabupaten Jepara (Studi Kasus: Kecamatan Kalinyamatan, Kabupaten Jepara)”. Tesis Jurusan Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro Semarang.
Nurhajati. 2014. Paradigma Baru Pengembangan Usaha Kecil Menengah untuk Meningkatkan Daya Saing Ekonomi. Malang : UNISMA.
Nurjannah, Siti. 2014. ”Efektivitas Implementasi Kebijakan Pengembangan Kewirausahaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah Oleh Dinas Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah Kota Pekanbaru”. Jom FISIP, Vol. 1, No. 2, hlm. 1-19.
Priyo, Harsono. 2010. “Analisis Kebijakan Dinas Koprasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah Provinsi Jawa Tengah yang berupa Bantuan dalam Rangka Pengembangan UMK Binaan KUB Rukun Mina Barokah di Kecamatan Juwana”. Tesis Jurusan Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro Semarang.
Suhendar, H. 2002. Analisis nilai tambah dan Strategi Pengembangan Industri Kecil Tahu Sumedang (Studi Kasus di Bogor, Jawa Barat)”. Tesis pada Departemen Agribisnis, Fakultas Pertanian, Institut Pertanian Bogor. Bogor.
Tamara, Anastasia. 2013. ”Pemberdayaan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah di Kota Manado”. Jurnal Administrasi Negara. Vol. 1. No. 5, hlm. 64-79.
C Peraturan Perundang – Undangan
Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2008. Tentang Usaha Mikro, Kecil dan Menengah
Peraturan Daerah Provinsi Bali Nomor 3 Tahun 2012. Tentang Perlindungan, Pemberdayaan Dan Pembinaan Koperasi, Usaha Mikro, Kecil Dan Menegah.
Published
2023-03-31
How to Cite
Oktaviani, G. (2023). IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PEMBERDAYAAN DAN PEMBINAAN USAHA KECIL, MENENGAH PADA DINAS KOPERASI USAHA MIKRO, KECIL DAN MENENGAH PROVINSI BALI. Widyanata, 20(01), 33 - 39. https://doi.org/10.54836/widyanata.v20i01.1083
Section
Articles
Abstract viewed = 209 times
PDF downloaded = 72 times