PERANAN KEPALA DINAS DALAM MENINGKATKAN KINERJA PEGAWAI DI DINAS LINGKUNGAN HIDUP KOTA DENPASAR

  • I Nyoman Alit Badrika STISIP Margarana Tabanan
  • I Nyoman Gede Widiana STISIP Margarana Tabanan
Keywords: peran, kepemimpinan, kinerja

Abstract

Dalam organisasi publik, bawahan bekerja selalu tergantung pada pimpinan. Apabila pemimpin tidak memiliki kemampuan untuk memimpin, maka tugas-tugas yang tingkat kesulitannya tinggi tidak dapat dikerjakan secara efektif dan efesien. Namun apabila pemimpin mampu melaksanakan fungsi-fungsinya dengan baik, maka tujuan dari organisasi tersebut akan terwujud. Pemimpin adalah seorang pribadi yang memiliki kecakapan dan kelebihan, khususnya di satu bidang sehingga dia mampu mempengaruhi orang-orang lain untuk bersama-sama melakukan aktivitas-aktivitas tertentu demi pencapaian beberapa tujuan (Elmonika, 2017:27).

Skripsi ini mengambil judul peran kepala dinas dalam meningkatkan kinerja pegawai di Dinas Lingkungan Hidup Kota Denpasar, tujuan skripsi ini adalah untuk mengetahui peranan kepala dinas lingkungan hidup kota Denpasar dalam meningkatkan kinerja pegawainya. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriftif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisi data menggunakan reduksi data, penyajian dan penarikan kesimpulan.

Hasil skripsi menunjukan peranan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Denpasar di tinjau dari tiga aspek peranan yaitu peranan antar pribadi (interpersonal role). peranan berhubungan dengan informasi (informational role), peran pengambilan keputusan (Decisional Role) sudah berjalan sangat baik,adapun Faktor penghambat kepala dinas lingkungan hidup dalam meningkatkan kinerja pegawai ada pada kualitas SDM dan disiplin pegawai yang sering terlambat masuk kantor hingga samapai adanya tidak masuk kantor tanpa alasana pasti.

References

Badeni (2014) Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi. Bandung: Alfabeta.
Badu, S. Q. and Djafri, N. (2017) Kepemimpinan Perilaku Organisasi. Jalan Gelatik No. 24 Kota Gorontalo: Ideas Publishing.
H.M Aries Djaenuri, M. . (2015) Kepemimpinan, Etika, dan Kebijakan Pemerintahan. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Hasibuan, M. S. P. (2016) Manajemen Sumber Daya Manusia. Revisi. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Sugiyono (2018) Metode Penelitian Kualitatif. ketiga. Bandung: Alfabeta.
Thoha, M. (2017) Kepemimpinan Dalam Manajemen. Depok: PT Raja Grafindo Persada.
Wibowo (2016) MANAJEMEN KINERJA. Kelima, Manajemen Kinerja. Kelima. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 53 Tahun 2010 Tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil
Adi Hartono (2016) „Koordinasi Antar Lembaga dan Stakeholder Dalam Pengembangan Taman Bacaan Masyarakat (Studi Kasus: Taman Flora dan Taman Ekpresi di Kota Surabaya‟, Jurnal Kebijakan dan Manajemen Publik, 4 No 3, pp. 1–12.
Bhudianto, W. (2015) „Kepemimpinan dalam Pengambilan Keputusan‟, I(27), pp. 1–47.
Istiharoh, R. (2013) „Peran Kepemimpinan Dalam Peningkatan Kinerja Pegawai di Badan Penanaman Modal Daerah (BPMD) Kabupaten Kutai Timur‟, 1(1), pp. 151–169.
Kaleb, B. J. (2019) „Penerapan Sistem Informasi Manajemen Dan Pengawasannya Di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Manado‟, Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 7(1), pp. 781–790.
Pabetta, T. R. (2017) „Peran Kepemimpinan Dalam Meningkatkan Kinerja Aparatur Sipil Negara Pada Badan Pendidikan Dan Pelatihan Kabupaten Kutai Timur‟, 5 no 1, pp. 22–32.
Ramli, M. (2017) „Kepemimpinan Inovatif Dalam Implementasi Kebijakan Strategis Pemerintah‟, JPP (Jurnal Politik Profetik), 5(2), pp. 168–184. doi: 10.24252/JPP.V5I2.4343.
Ramli, Margono, A. and Irawan, B. (2014) „Peran Kepemimpinan dalam Meningkatkan Kinerja Pegawai Pada Kantor Camat Samboja‟, e-Journal Administrative Reform, 2(1), pp. 807–819.
Retno Djohar Juliani (2016) „Peran Pemimpin Dalam Meningkatkan Kinerja Karyawan Melalui Kemampuan Memotivasi, Membangun Hubungan yang Efektif, Merencanakan dan Menerapkan Perubahan Dalam Organisasi‟, 1(1), pp. 1–19.
Sari, R. N. I. and Hadijah, H. S. (2016) „Peningkatan kinerja pegawai melalui kepuasan kerja dan disiplin kerja‟, Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1), pp. 215–225.
Wulandari, P. and Azwa, R. (2015) „Gaya Komunikasi Pimpinan Dalam Meningkatkan Kinerja Karyawan Pada PT. White And Blue Di Pekanbaru‟, Jom FISIP, 2(1), pp. 1–15.
Aziz, A. and Barqy, A. L. (2015) Strategi kepemimpinan dalam meningkatkan kinerja pegawai di kementerian agama kota malang, Tesis.
Elmonika, E. (2017) Peran Kepemimpinan Terhadap Kinerja Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah ( BPKAD ) pada Kantor Pemerintah Sumatera Utara. Universitas Sumatera Utara.
Published
2023-03-31
How to Cite
Badrika, I. N., & Widiana, I. N. (2023). PERANAN KEPALA DINAS DALAM MENINGKATKAN KINERJA PEGAWAI DI DINAS LINGKUNGAN HIDUP KOTA DENPASAR. Widyanata, 20(01), 19 - 26. Retrieved from https://www.ojs.unr.ac.id/index.php/widyanata/article/view/1071
Section
Articles
Abstract viewed = 131 times
PDF downloaded = 68 times