PENGARUH PERBANDINGAN PRODUKTIVITAS JAM KERJA NORMAL DAN LEMBUR PADA PEKERJAAN PEMBESIAN DAN BEKISTING (Studi Kasus : Proyek Jembatan Boug Deuker Pejeng Klusu, Gianyar, Bali)

  • I Gede Anggi Wijaya Program Studi Teknik Sipil Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Ngurah Rai
  • I Made Kariyana Program Studi Teknik Sipil Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Ngurah Rai

Abstract

Produktivitas pekerja merupakan peran penting dalam berlangsungnya suatu proyek. Pekerjaan pada pagi hari sampai sore hari merupakan jam normal untuk para pekerja sebuah proyek. Adapun pekerjaan lembur yang sering kerap dilakukan oleh suatu pimpinan proyek untuk dapat terkejarnya progres suatu proyek tersebut. Pekerjaan normal dan lembur perlu untuk mengukur perbedaan produktivitas yang signivikan. Metode yang digunakan untuk mencari nilai produktivitas tenaga kerja adalah productivity rating dimana metode ini untuk mencari perbedaan produktivitas pekerjaan pembesian dan bekisting pada jam kerja normal dan lembur. Survey dilakukan pada para pekerja di proyek jembatan Boug Deuker Pejeng Klusu. Nilai produktivitas pekerjaan pembesian mengalami penurunan pada saat jam lembur dan penurunan itu sebesar 6,63% dari jam normal. Kemudian untuk pekerjaan bekisting penurunan yang terjadi adalah sebesar 5,6% dari jam normal.

Published
2023-07-10
How to Cite
[1]
I. G. A. Wijaya and I. M. Kariyana, “PENGARUH PERBANDINGAN PRODUKTIVITAS JAM KERJA NORMAL DAN LEMBUR PADA PEKERJAAN PEMBESIAN DAN BEKISTING (Studi Kasus : Proyek Jembatan Boug Deuker Pejeng Klusu, Gianyar, Bali)”, wastuloka, vol. 1, no. 1, pp. 45-50, Jul. 2023.
Abstract viewed = 90 times
PENGARUH PERBANDINGAN PRODUKTIVITAS JAM KERJA NORMAL DAN LEMBUR PADA PEKERJAAN PEMBESIAN DAN BEKISTING.pdf downloaded = 158 times