PUSAT OTOMOTIF DI DENPASAR

  • I Made Dwi Yasa Alumni Prodi Teknik Arsitektur Universitas Ngurah Rai
  • Agus Wiryadhi Saidi Prodi Teknik Arsitektur Fakultas Teknik Universitas Ngurah Rai
  • Made Mariada Rijasa Prodi Teknik Arsitektur Fakultas Teknik Universitas Ngurah Rai
Keywords: Pusat Otomotif

Abstract

Perkembangan dunia otomotif di Bali khususnya Kota Denpasar dan sekitarnya membawa dampak pada kehidupan sosial masyarakat. Berbagai aktifitas dan kreatifitas otomotif telah masuk ke dalam aspek kehidupan masyarakat, sehingga menjadi trend serta gaya hidup masa kini. Minat masyarakat perkotaan akan kebutuhan produk otomotif meningkat secara kuantitas namun turun dari segi kualitas pelayanan. Di Kota Denpasar dan sekitarnya sampai saat ini belum ada pelayanan fasilitas otomotif dalam satu wadah yang dapat memberikan berbagai pelayanan mengenai dunia otomotif yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat.

Pusat Otomotif adalah suatu wadah untuk menampung berbagai aktivitas yang berkaitan dengan otomotif. Pusat otomotif digunakan untuk memperkenalkan, memberikan informasi, memperlihatkan produk dan jasa otomotif serta segala kelengkapannya. Pusat otomotif sebagai suatu wadah bertemunya para pecinta otomotif  yang berhubungan dengan kreatifitas, hiburan/rekreasi, sportifitas serta kegemaran atau hobi otomotif.

Dalam perancangan “Pusat Otomotif di Denpasar”  menggunakan metode pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, studi literatur, dan studi banding. Data-data yang telah terkumpul, diproses melalui kompilasi, analisis dan sintesis, sehingga dihasilkan spesifikasi umum dan spesifikasi khusus Pusat Otomotif di Denpasar. Adapun lokasi site untuk fasilitas ini dipilihdi Jalan Ahmad Yani, Kecamatan Denpasar Utara.  Program perancangan arsitektur, konsep dasar rancangan (dinamis, modern, dan rekreatif), serta tema rancangan (neo plasticisme)menjadi pedoman dalam penyusunan landasan konsepsual perancangan Pusat Otomotif di Denpasar ini, yang kemudian ditransformasi menjadi sebuah desain “Pusat Otomotif di Denpasar”.

Published
2016-03-31
How to Cite
Yasa, I. M., Saidi, A., & Rijasa, M. (2016). PUSAT OTOMOTIF DI DENPASAR. Jurnal Teknik Gradien, 8(1), 140-157. Retrieved from https://www.ojs.unr.ac.id/index.php/teknikgradien/article/view/145
Section
Articles
Abstract viewed = 297 times
PUSAT OTOMOTIF DI DENPASAR.pdf downloaded = 273 times