EFEKTIVITAS PENGGUNAAN DANA DESA DITINJAU DARI PERSPEKTIF SUMBER DAYA MANUASIA, PEMASARAN, DAN KEUANGAN (STUDI KASUS PADA DESA DALUNG KECAMATAN KUTA UTARA, KABUPATEN BADUNG, PROVINSI BALI)

  • Luh Putu Virra Indah Perdanawati Universitas Ngurah Rai
  • Ni Made Mulia Handayani Universitas Ngurah Rai
Keywords: Alokasi Dana Desa, Manajemen Sumber Daya Manusia, Manajemen Keuangan, Manajemen Pemasaran

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas mengenai penggunaan dana desa ditinjau dari perspektif sumber daya manusia, pemasaran, dan keuangan pada Desa Dalung, Kecamatan Kuta Utara, Kabupaten Badung, Provinsi Bali. Desa Dalung merupakan salah satu desa yang menerima Alokasi Dana Desa (ADD) terbesar pada tahun 2019 untuk di wilayah Kecamatan Kuta Utara. Hasil dari penelitian ini adalah dalam bidang manajemen SDM responsivitas yang baik mampu berpengaruh terhadap pengelolaan Alokasi Dana Desa dalam melaksanakan pelayanan terhadap masyarakat, tugas pengelolaan Alokasi Dana. Dalam bidang manajemen keuangan, antara lain perencanaan Pengelolaan dana desa di berdasarkan pada musyawarah BPD, keputusan Kepala Desa dan Bendahara Daerah, pengelolaan dana desa di Desa Dalung sudah cukup baik semua digunakan untuk pembangunan dan pemberdayaan masyarakat yang bisa dinikmati langsung oleh rakyat, dan kendalanya adalah kualitas sumber daya manusia aparat desa dalam beberapa hal terbatasnya pembuatan laporan pertanggungjawaban atas kegiatan yang sudah dilakukannya di wilayahnya. Dalam bidang manajemen pemasaran, antara lain penentuan rencana pelayanan yang prima dalam segala hal, peningkatan keterampilan dan kreatifitas dalam bekerja, peningkatan kepekaan dan inovatif dalam setiap adanya pembaharuan bidang pendidikan, meningkatkan peran serta masyarakat dalam pendidikan dan pembagian tugas pada masing-masing bagian unit pelaksana.

Published
2019-12-12
Section
Articles
Abstract viewed = 204 times
EFEKTIVITAS PENGGUNAAN DANA DESA DITINJAU DARI PERSPEKTIF SUMBER DAYA MANUASIA, PEMASARAN, DAN KEUANGAN (STUDI KASUS PADA DESA DALUNG KECAMATAN KUTA UTARA, KABUPATEN BADUNG, PROVINSI BALI) downloaded = 143 times