PERUMUSAN, IMPLEMENTASI SERTA EVALUASI KEBIJAKAN PERUSAHAAN LISTRIK NEGARA (PLN) PEMADAMAN LISTRIK TERHADAP INDUSTRI PARIWISATA DI BALI

Keywords: Implementasi Kebijakan, Pemadaman Listrik, Perusahaan Listrik Negara, Kebijakan Publik, Pariwisata Bali

Abstract

Bali adalah daerah tujuan wisata dunia, dimana pariwisata sebagai penggerak perekonomian masyarakat. Sebagai destinasi wisata dunia Bali harus menyediakan sarana dan prasarana yang dapat menunjang pariwisata, salah satu prasarana penunjang pariwisata adalah tentang kelistrikan, listrik menjadi sarana vital penunjang pariwisata. Kasus pemadaman litrik bergilir yang dilakukan oleh PLN memberikan dampak yang besar kepada pelaku pariwisata, atas dasar permasalahan tersebut penelitian ini diberi judul Perumusan, Implementasi Serta Evaluasi Kebijakan Perusahaan Listrik Negara (PLN) Pemadaman Listrik Terhadap Industri Pariwisata Di Bali.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjawab permasalahan terkait bagaimanakah perumusan, implementasi serta evaluasi kebijakan Perusahaan Listrik Negara (PLN) pemadaman listrik terhadap industry pariwisata di Bali serta bagaimana peranan actor kebijakan dalam bentuk hukum yang digunakan dalam perumusan, implementasi serta evaluasi kebijakan pemadalam listik ? untuk menjawab permasalahan tersebut penelitian ini menggunakan metode penelitian yuridis empiris dengan pokok pembahasan menggunakan pendekatan peraturan perundang – undangan yang disesuaikan dengan hasil penelitian yang bersumber pada data primer dan data sekunder. Sehingga diperoleh keseimpulan bahwa : 1) Perumusan kebijakan pemadaman listrik sesungguhnya telah didadhului dengan analisis dampak yang ditimbulkan bagi bidan industri pariwisata. Namun hal ini terpaksa dilakukan, implementasi kebijakan ini tentu saja menimbulkan berbagai kritik dan evaluasi dari berbagai kalangan yang menantang kebijakan pemadaman ini. 2) aktor yang berperan dalam perumusan kebijakan pemadaman ini adalah PT PLN, kebijakan ini setelah diterapkan ternyata melibatkan dinas ketenagakerjaan dalam pemberian izin penggunaan energi alternatif pengganti listrik. Kebijakan pemadaman listrik telah banyak mendapat evaluasi dari KADIN dan pelaku Industri pariwisata

Author Biography

Achluddin Ibnu Rochim, University of 17 Agustus 1945 Surabaya

SINTA ID: 6738563

ORCHID ID: 0000-0003-2892-5411

GOOGLE SCHOOLER ID: kg93QTYAAAAJ

References

Sumber Buku

Hamidi, A. (1999). Penerapan Asas-Asas Umum Penyelenggaraan Pemerintahan Yang Layak (AAUPL) DiLingkungan Peradilan Administrasi (Upaya Menuju "Clean and stable Goverment). Bandung: CItra Aditya Bakti.

Rasyid, R. (2000). Makna Pmerintahan, Tinjauan Dari Segi Etika dan kepemimpinan. Jakarta: Mutiara Sumber Widya.

Jurnal/Artikel

Ford, M. (2018). Powering a Moderen Life ? Residents Experiences of The. Bulletin of Indonesian Economic Studies, Vol.10 No.1080, 2-41.

Han, S.-y. (2004). The Role of The Four Electric Power Sectors in The Korean National Economic. Energi Police, 136-701, 1-13.

Hinz, J. (2003). Modeling Day-ahead Electricity Price. Dresden Jurnal, Vol. 7, 2-12.

Hollen, D. (n.d.). Economic and Electricity Demand Analysis and Comparison of the. Energy Police Vol 6 No,7,, 2-12.

Nurhayanti, S. a. (2007). Analisis Karakteristik Konsumsi Energi Pada Sektor Rumah Tangga Di Indonesia. . Pusat Pengembangan Energi Nuklir (PPEN) BATAN.ISSN 1978-0176, 1-12.

Tamaela, & Yohannis, E. (2008). Permintaan Energi Listrik Masyarakat Industri dan Individu Pada PT. PLN Persero Wilayah XI Ambon. Ejournal Universitas Malang. Vol. 2 No. 13, 1-16.

Watson, A. V. (2002). Consumers Attitudes To Utility Products : A Consumer Bahaviour Prespective. Marketing Intelligence & Planing (MP), Vol. 2 No. 13, 394-404.
Website
Bali, B. (2009, Oktober 12). Pemadaman Listrik Momok Bagi Pariwisata. Retrieved Maret 24, 2021, from Bisnis Bali: http://www.bisnisbali.com.
Published
2020-12-14
Section
Articles
Abstract viewed = 89 times
downloaded = 32 times