ANALISA BIAYA PELAKSANAAN PEMBANGUNAN PERUMAHAN TIPE 45/100 DI JALAN RAYA SAMU SINGAPADU KALER SUKAWATI GIANYAR

  • ibg indramanik Fakultas Teknik Universitas Ngurah Rai
  • I Komang Alit Astrawan Prodi Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Ngurah Rai
  • I Komang Gede Surata Prodi Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Ngurah Rai
Keywords: Cash Flow, Pay Back Periode, Internal Rate of Return

Abstract

Banjar Samu yang letaknya berada dalam cakupan wilayah Ubud diprediksi akan terkena dampak dari pertumbuhan industri pariwisata yang sangat pesat, dimana akan terjadi ketidakseimbangan antara jumlah penduduk dengan tempat tinggal. Oleh karena itu, perlu kiranya untuk menghindari terciptanya kawasan kumuh dengan cara penataan wilayah di Banjar Samu dalam hal ini yang ditekankan adalah penataan rumah huni penduduk. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hasil analisis pelaksanaan pembangunan perumahan dengan rencana luas tanah yang akan dibangun perumahan adalah 38 are, dengan tipe rumah 45/100 dan jumlah rumah sebanyak 32 unit.

Pada penelitian ini, metode yang diterapkan adalah metode pengujian analisis deskriptif kuantitatif. Analisis yang akan dilakukan meliputi analisa biaya/ modal, estimasi nilai jual dan penjualan unit rumah, arus kas (cash flow), dan analisa finansial dengan 2 periode yaitu metode Payback Period (PP) dan dengan metode Internal Rate of Return (IRR). Diharapkan pada penelitian ini rencana pembangunan perumahan di Banjar Samu yang direncanakan sebanyak 32 unit dengan luas bangunan  45 m2 dan luas tanah 100 m2 dapat menjadi solusi penataan  rumah huni penduduk dan layak secara finansial.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa modal biaya awal (tahun ke-0) pelaksanaan pembangunan perumahan menghabiskan biaya Rp. 10.335.986.000, dengan menggunakan rumus Pay Back Periode waktu pengembalian modal dicapai selama 4,99 tahun < 5 tahun (waktu investasi) dan untuk perhitungan hasil olah data kelayakan investasi dengan metode IRR, didapat nilai IRR = 45,53 % > MARR = 10,21 % (bunga bank). Dari hasil analisis maka dapat disimpulkan bahwa investasi pada perumahan di Jalan Raya Samu, Singapadu, Gianyar ini layak dilaksanakan.

Published
2018-09-28
How to Cite
indramanik, ibg, Astrawan, I. K., & Surata, I. K. (2018). ANALISA BIAYA PELAKSANAAN PEMBANGUNAN PERUMAHAN TIPE 45/100 DI JALAN RAYA SAMU SINGAPADU KALER SUKAWATI GIANYAR. Jurnal Teknik Gradien, 10(2), 77-86. Retrieved from https://www.ojs.unr.ac.id/index.php/teknikgradien/article/view/74
Section
Articles
Abstract viewed = 354 times
ANALISA BIAYA PELAKSANAAN PEMBANGUNAN PERUMAHAN TIPE 45/100 DI JALAN RAYA SAMU SINGAPADU KALER SUKAWATI GIANYAR.pdf downloaded = 453 times